Gema Pembaharuan

DARI REDAKSI

Kembara Nanda

Sebagaimana diketahui bahwa berubah” merupakan hukum utama jurnalistik, media bukan lagi statis sebagai penyalur informasi, tetapi fasilitator, penyaring dan pemberi makna dari sebuah informasi.

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media cetak dan siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Pers sebagai pelapor, bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa-peristiwa di luar pengetahuan masyarakat dengan netral dan tanpa prasangka. Selain itu, pers juga harus berperan sebagai interpreter, wakil publik, peran jaga, dan pembuat kebijakan serta advokasi.

Media cetak terlebih bagi media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Gema Pembaharuan sesuai dengan fungsinya sebagai sosial kontrol, membela kebenaran dan kepentingan umum. Memelihara kebebasan pers dan mempunyai integritas terhadap profesi sebagai jurnalistik yang professional actual kritis, cerdas, bijaksana, berani dan bertanggung jawab berdasarkan kode etik dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers tersebut.

Gema Pembaharuan mempunyai tujuan, Ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui media pers sebagai sarana informasi dan pendidikan umum yang murah dan efektif. Membangun masyarakat (Civil Society Building) cerdas, berkarya, dan berbudaya mendorong pembangunan nasional meningkatkan perekonomian, pendidikan Penegakan hukum, integrasi bangsa dan lingkungan Hidup.

Lebih lanjut, kami atas nama pengurus redaksi mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua komponen yang telah memberikan masupan saran dan pemikiran dalam rintisan orbitnya media cetak dan online ‘Gema Pembaharuan’ ini. **