March 1, 2024
Gema Pembaharuan
SUMSEL

Ir. R. A. Marlina Sylvia Jabat Sekretaris PII Wil Sumsel 2024-2027

Palembang, – Pelantikan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah Sumatera Selatan Periode 2024-2027, digelar di Hotel Santika Radial, Jumat (19/1/2024).

Prof. Ir. H. Anis saggaff., MSCE., IPU., ASEAN Eng., APEC Eng, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PII wilayah Sumsel, dan dilantik bersama pengurus PII terpilih lainnya diantaranya: Ir. H. Akhmad Bastari, MT. IPM menjabat Wakil Ketua I, Prof. Dr. Ir. Jhoni Arliansyah, S.T., M.Eng, IPM menjabat Wakil Ketua II, Dr. Ir. K.M Aminuddin, ST., MT, IPM menjabat Wakil Ketua III dan Ir. R.A Marlina Sylvia, S.T., M.Si., M.Sc., IPU, ASEAN-Eng menjabat sekretaris.

Acara tersebut turut di hadiri Sekretaris Daerah Sumsel Ir. S.A. Supriyono, Ketua Komite Pengembangan Organisasi PII Pusat, Dr. Ir. Eden Gunawan, MM. IPM, ASEAN Eng.

S.A. Supriyono selaku Sekretaris Daerah Sumsel mengatakan, Persatuan Insinyur Indonesia ini tentunya banyak tokoh intelektual yang memberikan sumbangsih untuk Sumatera Selatan seperti, peraturan tentang transportasi jalan, irigasi, pertanian dan masih banyak lagi.

Ketua DPP PII wilayah Sumsel Dr. Ir. Eden Gunawan, MM. IPM, ASEAN Eng. Ketua Komite Pengembangan Organisasi PII Pusat menuturkan, saya merasa sangat bahagia bisa terpilih kembali menjadi Ketua PII provinsi sumsel, dan mengucapkan selamat kepada jajarannya, serta berharap pihaknya dapat melaksanakan tugas dan bisa memberikan dampak yang baik bagi pemerintah maupun masyarakat di wilayah Sumsel.

“Sumsel termasuk yang aktif, di bawah kepemimpinan Pak Anis dalam melaksanakan tugas program studi Insinyur, Sarjana Teknik wajib mengikut pelatihan prodi untuk 3 semester dan itu kalau mau di identikan dengan pofesi Kedokteran. Artinya kalau tidak melalui program profesi Insinyur, sarjana teknik tidak bisa menjalankan tugas-tugasnya, perlu di perkuat oleh perguruan tinggi. Prof. Anis akan memfasilitasi itu sehingga semua insinyur bisa mempraktekkan,” Ujarnya.

Lanjutnya, Profesi sarjana teknik itu sangat luas, ada 28 profesi yang terlibat dan itu harus bersinergi supaya bisa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan agar pembangunan provinsi Sumsel ini bisa memajukan.

Di tempat yang sama, Prof. Ir. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN Eng., APEC Eng selaku Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) wilayah Sumsel terpilih mengatakan, PS PPI berdiri relatif cepat, SK nya keluar kurang lebih 10 bulan, Kami juga di support oleh rekan-rekan dari pusat dalam mendirikan PS PII. Hal ini menjadi satu keberhasilan tugas PII wilayah.

“Tugas PII kedepan yakni, mensupport undang-undang nomor 11 tahun 2014 dan PP 25 tahun 2019. Sarjana Engineering ada 4 fakultas, di unsri itu ada teknik pertanian MIPA dan FKIP yang ada engineeringnya, kalau dia bekerja di bidang engineering maka wajib insinyur,” Terang Anis.

Selain itu, tugas PII kedepannya, bersama-sama membantu pemerintah. Anis berpesan kepada seluruh pengurus PII, untuk menjadi pengurus PII harus mempunyai wibawa dan tanggung jawab.

Sementara itu, Ir. R. A. Marlina Sylvia, ST., M.SL., M.Sc., IPU, ASEAN Eng. selaku Pelaksana Tugas Ketua Persatuan Insinyur Indonesia wilayah Sumsel menambahkan, Kepengurusan PII WILAYAH SUMSEL yang lama berakhir di tahun 2023, dalam Muswil ini ditetapkan Ketua dan Kepengurusan masa bakti 2024-2027.

“Saya ditunjuk sebagai PLT Ketua Wilayah hingga terbentuk kepengurusan baru, salah satu tugas dari Plt. Ketua Wilayah adalah melaksanakan musyawarah wilayah Provinsi Sumsel, dan alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan sukses,” Pungkasnya.(DAENG)

Related posts

Rapat Parupurna XLV (45) DPRD dan Pemprov Sumsel Sepakat Tindaklanjuti Pembahasan 11 Raperda

Admin GP

Diduga Insentif Upah Pungut Pajak Untuk Gubernur Sumsel Bermasalah

Admin GP

Dugaan Penyimpangan Anggaran Belanja Kab. Lahat

Admin GP

Leave a Comment