August 7, 2022
Gema Pembaharuan
Daerah

FK dan Warga Banyuresmi Desak DPRD Buat Pansus Pengelolaan Wisata Bangendit  

GARUT, (GEMA PEMBAHARUAN), Situ Bagendit merupakan salah satu objek wisata kebanggaan warga garut dan menjadi andalan pemerintah Kabupaten Garut sebagai wisata kelas dunia, keberadaannya harus dapat memberikan dampak sebesar-besarnya bagi masyarakat, terutama bagi kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan wisata. Agar Sinergitas ini menjadikan objek wisata Situ Bagendit sebagai wisata kelas dunia dapat terasa baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah itu sendiri.

Terkait dengan adanya tersiar kabar Bupati Garut dari berbagai media gencar mempromosikan tentang pengelolaan situ bangendit akan di swastanisasi atau akan di pihak ketigakan melalui proses tender. Sontak warga sekitar di kawasan wisata bagendit merasa geram dan sangat keras menolaknya, apa yang dilakukan oleh kebijakan tersebut.

Warga menilai, tak wajar jika wisata situ bagendit yang sudah di bangun oleh anggaran pemerintah ini harus di swastanisai, maka dengan itu warga masyarakat yang tergabung dalam Forum Kedaulatan (FK) menuntut : menolak wacana pengelolaan wisata Situ Bagendit  Kabupaten Garut untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) pengelolaan kawasan Wisata Situ Bagendit. Pasalnya, FK khawatir jika kawasan Wisata Situ Bagendit di swastanisasi atau dipihak ketigakan sebagaimana yang digembar-gemborkan Bupati Garut selama ini justru tidak dapat mensejahterakan warga sekitar Situ Bagendit.

Tuntutan tersebut disampaikan Koordinator FK, Andri Hidayatulloh beserta masyarakat Banyuresmi dalam audiensi yang digelar di ruang Komisi III DPRD Kabupaten Garut dan dihadiri legislator Yusuf Musyafa (Wakil. ketua Komisi III), Samsudin (Sekretatis Komisi III, Dedi Suryadi dan Cucu Suhendar (anggota komisi III) sementara dari Pemkab Garut dihadiri perwakilan Disparbud, BPKAD dan Bapenda, pada Rabu 22 Juni 2022 kemarin.

Steakholders yang ada saat beraudensi pun tidak bisa bisa memberikan bukti secara fakta dan Komisi 3 merasa terbohongi oleh dinas terkait menyangkut permasalahan parkiran liar di situ ada pembuktian secara real kalau kadis pariwisata dan jajaranya sudah membuktikan keserakahan dan kewenangan dalam menyikapi satu permaslahan seperti parkiraan yang ada di wilayah situ bagendit di kelola oleh pihak ketiga.

Untuk itu, FK bersama masyarakat banyuresmi mohon kepada anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Garut  untuk mengkaji dulu lebih dalam tentang semua wacana semua itu. Demi kemajuan dan kenyamanan warga masyarakat banyuresmi khususnya bagi warga sekitar kawasan wisata bangendit.

Maka dari itu, FK menuntu kepada anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Garut mendesak untuk segera membuat Pansus Pengelolaan Wisata Bangendit. Agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.

Sementara itu, terkait adanya isu parkiran liar di kawasan Situ Bangendit, awak media mencoba mengkofirmasi, kepada Kepala UPT Pengelola Wisata Bangendit, Ridwan, menurutnya bahwa benar adanya parkiran tersebut dan tidak tau menau tentang adanya Mou juga dirinya tidak diberitahukan selama sekali oleh pihak Dinas Pariwisata.

Mendengar pernyataan dari Kepala UPT Pengelola Wisata Bangendit tersebut, mengindikasi ada dugaan Dinas Pariwisata melakukan banyak kepentingan pribadi dalam penanganan juga pengelolaan di kawasan wisata situ bangendit. (ach/**)

Related posts

Kepala Desa Ngati, Budi Digugat Pengacara

Admin GP

Ada usulan Sumsel Pecah Dua

Admin GP

Masih Ada Dugaan Penyimpangan Anggara Di Kab. Muara Emin

Admin GP

Leave a Comment