Gema Pembaharuan
Forum Pedesaan Politik

Lima Calon Kades Cikijing, 4 Orang Kontestan Tolak Pungutan Dana Pilkades

dok pilkades cikijing

Majalengka, gemapembaharuan.com,- Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan deselenggarakan serentak pada tanggal 22 Mei 2021 mendatang. Kaitannya dalam hal tersebut, Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengingatkan kepada panitia penyelenggara Pilkades, jangan ada yang melakukan pungutan biaya terhadap calon kepala desa (Calkades).

Dijelaskan bupati, bahwa pembiayaan Pilkades sudah dituangkan dalam program anggaran yang ada dari APBD dan APBDes.

Ada konsekwensi hukum jika ditemukan laporan. “Oleh karena itu, dilarang panitia penyelenggara di desa memungut dana kepada calon.” Tegas bupati.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta kepada Kapolres dan Kajari untuk menindaklanjuti jika terjadi ada panitia di desa mana dan kecamatan manapun yang memungut atau membebankan biaya pilkades kepada calon.

Bekaitan dengan hal tersebut, rupanya ada saja yang mencoba untuk melakukan pungutan terhadap para Calkades.dengan dalih devisit anggaran.

Seperti yang terjadi di Desa Cikijing, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka. Hal tersebut terungkap, dimana pada rapat antara panitia Pilkades dengan para Calkades, pihak panitia membahas adanya kekurangan anggaran dana Pilkades. Untuk itu, pihak panitia meminta kepada seluruh calon untuk berpatisipasi menutupi kekurangan dana tesebut. Namun permintaan panitia tesebut ditolak dengan tegas  oleh para Calkades.

Dalam rencana Pilkades Desa Cikijing terjaring sebanyak 5 (lima) orang calon yang akan maju dalam perhelatan Pilkades mendatang. Kelima calon tesebut diantaranya adalah, Ohan Rohana, Sukirman Aminudin, Aripin, Dedi Herdiana dan mantan Kades sebelumnya, H. Lili Solihin.

Berkaitan dengan penolakan biaya Pilkades tersebut, 4 orang dari 5 Calkades membuat pernyataan sikap yang dituangkan dalam surat pernyataan bersama tanggal 11 April 2021 yakni, Ohan Rohana, Sukirman Aminudin, Aripin dan Dedi Hediana. Dimana dalam surat pernyataan tersebut mereka menolak dengan tegas adanya rencana pungutan tersebut.   

Inti dari surat pernyataan disebutkan, bahwa mereka tidak menyetujui adanya pungutan biaya penyelenggaraan Pilkades, karena tidak sesuai dengan Keputusan Bupati Majalengka No 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, Keputusn Bupati Majalengka No 900/Kep.129.1-DPMD/201 tentang Biaya Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa.  Selanjutnya diperkuat dengan pernyataan Bupati Majalengka, Karna Sobahi, bahwa semua biaya Pilkades dibebankan kepada APBD dan APBDes.

Selain itu, para calon melihat potensi Desa Cikijing menyangkut Pendapatan Asli Desa (PADes) akan sangat mampu membiayai pesta demokrasi Pilkades. Dan apabila pihak panitia bersikukuh untuk melakukan pungutan terhadap para calon, maka pihak panitia diminta untuk membuat surat tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Sementara itu, H. Ena Permana, tim sukses dari Dedi Hediana salah satu Calkades Cikijing,mempertanyakan dana APBDes, jika panitia Pilkades hanya mampu mengucurkan anggaran dana Cuma sebesar Rp. 30.000.000,- saja. Padahal jika dilihat dari penghasilan pungutan parkir kendaraan dan retribusi pasar Desa Cikijing sangat luar biasa besarnya.

“Hitung saja, jika penghsilan dari pungutan parkir dan retribusi Pasar Desa Cikijing  kecilnya satu setengah juta rupiah per hari saja, Berapa nilainya jika dikalikan selama enam tahun? Nah, sekarang pada kenyataannya pihak penitia Pilkades menyebutkan, hanya mampu mengucurkan dana Pilkades dari APBDes hanya  tigapuluh juta rupiah. Lalu kemana penghasilan asset desa dari retribusi parkir dan pasar tadi? Maka dari itu, ke empat Calkades menolak adanya rencana pungutan tersebut.” Ungkap Ena Permana. (GuyuAep).

Related posts

Ironis Dekat Ibukota , Kab. Bogor Masi Ada 45 Desa Tertinggal

Kembara Nanda

Ringankan Beban Masyarakat, Desa Cihuni Selenggarakan Pembuatan Sertifikat Tanah Secara Kolektif

Adam Wahyu

Bawaslu Panggil Dadang Nasser Dugaan Pelanggaran Kampanye

Adam Wahyu

Leave a Comment