Gema Pembaharuan
Forum Pedesaan Nusa Tenggara Barat

Aksi Spontanitas Pemblokiran Jalan di Desa Rade

Jalan di Desa Rade Kec. Madapangga

Bima, gemapembaharuan.com.- telah berlangsung  Aksi Spontanitas Pemblokiran jalan yang di lakukan olen masyarakat  terkait Air PDAM yang tidak berfungsi maksimal atas penyaluran air bersih dan kami mengalami kekeringan sudah 2 bulan, yang di pimpin oleh Koorlap Danial Thompson dengan jumlah massa 25 orang,  bertempat di Desa Rade Kec. Madapangga Kab. Bima Senin( /3/5/ 2021)   

selama  unjuk rasa pemblokiran jalan desa  yang berlangsung sejak pukul 09.00 Wita tersebut tercatat rangkaian kegiatan aksi sebagai berikut  :

  1. Pukul 09.45 Wita massa aksi melakukan aksi spontanitas pemblokiran jalan dengan menggunakan kayu balok dan batu terkait AIR PDAM yang sudah 2 bulan terahir ini tidak aktif sehingga arus lalin macet total.
  2. Pukul 10.00 Wita massa aksi masih melakukan aksi dan masih menunggu pihak PDAM untuk memberikan tanggapan terkait persoalan yang di sampaikan oleh massa aksi.
  3. Pukul 10.20 Wita Anggota Polsek Madapangga dan Anggota Koramil 1608-02/Bolo di pimpin oleh Kapolsek dan Danramil tiba di lokasi pemblokiran jalan dan langsung melakukan negosiasi kepada warga Ds Rade dan memberikan himbauan yang intinya :

Saya meminta kepada warga Ds Rade agar jangan memblokir semua badan jalan karena akan mengganggu aktivitas masyarakat yang sedang mencari nafkah. Dan meminta kepada warga Ds Rade agar jalan yang di blokir agar segera di buka karena akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

  1. Pukul 11.00 Wita Kepala Desa Rade Atfah S,PD tiba di lokasi dan langsung melakukan Dialog dengan massa yang intinya :
  2. Akhir2 ini kekeringan itu bukan hanya dilanda dan dirasakan oleh kita sendiri atau masyarakat Ds Rade, kemarin kami dari Pemdes bersama Camat dan Danramil serta pihak PDAM mendatangi lokasi sumber air yang ada di Ds Ndano dan kami mengeruknya memakai alat berat yang kami pinjam di Kota Bima, Setelah itu kami jalan keliling mengikuti alur pipa yang ada dan memang kondisi relnya ada pipa yang bocor dari dulu, selain itu debid airnya kurang akibat peladangan liar
  3. Solusi yang dilakukan oleh pemerintah 2021 ini yang Insya Allah ada dua sumber anggaran yang direncanakan untuk Bor khusus air minum yaitu dari APBN dari Pemerintah Daerah Kab. bima.
  4. Untuk dari Kementerian PU bidang pengairan pusat, untuk air bersih sudah turun tim pada tahun 2020 melalui survei, potensi air ini lebih besar, dan saya sudah melakukan komunikasi langsung dengan PU Pusat pada saat peresmian jembatan penghubung antara Ds Rade dan Ds Bolo, dengan hasil memang program itu sudah ada dan anggarannya cukup besar, sehingga butuh proses dan tahap-tahapannya.
  5. Untuk program pemerintah daerah melalui Dinas Perkim, akan di bor dan di bangun bak di Dusun IV Desa Rade, tim juga sudah turun survei di lokasi Dusun IV tersebut. In sya allah tahun ini akan dilakukan Bor yang dianggarkan melalui dana DAK sebesar 400 juta lagi di proses tender, saya selalu komunikasi dengan dinas terkait, tergantung sungguh dipercepat proses oleh bagian pemerintah daerah, kalau dinas sudah serahkan program itu untuk melakukan pelelangan.
  6. Terahir dari saya selaku Kades Rade dengan melalui mimbar ini saya mewakili pemerintah daerah bahwa solusi tentang air bersih tahun ini sudah ada titik terang.

Adapun tuntutan dalam unjuk rasa tersebut :

  1. Massa aksi meminta kepada pihak PDAM agar segera lakukan pengeboran air canada
  2. Massa aksi meminta kepada pihak pemda agar segera mencarikan solusi tentang penyediaan air bersih yang ada di Kec. Madapangga.
  3. Massa aksi meminta kepada Bupati Bima agar turun ke Ds Rade untuk memberikan tanggapan apa yang menjadi tuntutan massa aksi.
  4. Apabila Bupati Bima tidak bisa hadir untuk menemui kami selaku massa aksi maka jalan yang kami blokir tidak akan kami buka (Lap.Tim lapsus)

Related posts

Danlanud ZAM Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa

Kembara Nanda

Pilkades Talaga Sari, Asep Kurnia: Ingin Memajukan Perekonomian dan Pertanian

Adam Wahyu

Gadjah Putih dan Ormas Manggala Garuda Putih Selenggarakan “Sunatan Massal dan Santunan Panti Jompo Juga Anak Yatim Piatu”

Adam Wahyu

Leave a Comment