Gema Pembaharuan
Agama

Tafakur Cara Pendekatan Spiritual Kaum Berfikir

Ramadhan mubarok

gemapembaharuan.com.- Tafakur adalah satu dari sekian banyak pendekatan yang biasanya digunakan kaum berfikir dalam menuntut ilmu.

Seseorang yang ingin mendekatkan diri kepada allah SWT hendaknya selalu meluangkan waktu untuk tafakkur, baik siang maupun malam, terutama saat senggang dan saat keadaan hati yang tenang seperti disaat tengah malam.

Sebab bukan mudah untuk menjadi orang yang berilmu, tetapi bukan sulit juga untuk mendalami ilmu pengetahuan sehingga menjadi Ilmuan. Ia bergantung kepada diri sendiri, dalam waktu yang sama di atas takdir Allah.

Oleh sebab niatkanlah ihlas tujuan untuk meningkatkan taqwa kepada Allah serta mencari ridha-Nya.  Karena yang tidak jujur dan ikhlas menuntut ilmu karena Allah, membuatkan ilmu yang ada hanyalah sebatas di lidah tanpa ada pengamalan. Sedangkan ilmu itu haruslah dipenuhi dengan amalan, karena ilmu adalah imam dan amal adalah makmum.

Maka tidak aneh apabila Rasulullah meminta perlindungan daripada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat. Zaid bin Arqam meriwayatkan bahawa Rasulullah bersabda, “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, jiwa yang tidak puas serta doa yang tidak dikabulkan.” (Hadith direkodkan Ibn Majah).

Menjadi seorang yang berilmu adalah sebuah penghormatan dan kemulian karena dengan ilmunya dia dapat mengenal Keagungan Allah, membuka hati dan fikiran untuk teguh pendirian dalam kebenaran atas dasar taqwa. 

Melalui tafakkur merupakan ibadah yang sangat baik bahkan melebihi ibadah ibadah yang lain, karena kebaikan kebaikan dunia dan kebaikan kebaikan agama merupakan hasil dari tafakkur secara sehat atau dari pemikiran yang sehat. (Red/Spirit)

Wallahu ‘alam bishawab

Related posts

Gubernur Jabar Resmikan Mesjid dan Graha HMI

Adam Wahyu

Wakil Ketua MUI Belum Paham Apa Penyebab Pembubaran FPI

Adam Wahyu

Bupati Luwu Laksanakan Sholat Ied dengan Protokol Kesehatan

Adam Wahyu

Leave a Comment